Pengertian Resistor

Pengertian Resistor

Resistor adalah salah satu komponen elektronika yang berfungsi untuk membatasi atau menghambat arus pada sebuah rangkaian. Resistor memiliki satuan "Ohm" atau dilambangkan dengan "Ω". Resistor terbagi menjadi dua, yaitu:
  1. Resistor Tetap     

    Resistor tetap adalah resistor yang nilai dari hambatannya tetap dan tidak dapat diubah-ubah. Resistor tetap memiliki kemampuan daya atau sering disebut juga dengan "Watt". Besar kecilnya kemampuan resistor untuk dilewati arus tergantung dari bahan pembuat resistor itu sendiri. Resistor yang memiliki daya dibawah 2 Watt terbuat dari carbon, sedangkan resistor yang memiliki daya diatas 2 Watt terbuat dari kawat nikelin. Berikut adalah kode warna pada Resistor.
Pengertian Resistor

2     Resistor Tidak Tetap (Variable)

    Resistor variable adalah resistor yang nilai hambatannya dapat diubah – ubah sesuai dengan kebutuhan dengan besar hambatan 0 Ohm sampai dengan nilai maksimal hambatan yang tertera pada resistor tersebut. Resistor Variabel memiliki kemampuan daya yang relative lebih kecil dibandingkan dengan resistor tetap. Hal ini karena resistor Variable terbuat dari serbuk karbon. Berikut adalah contoh dari Resistor variable. 
    Pengertian Resistor
Itulah sedikit pembahasan dari resistor semoga bermanfaat. Terima kasih.
Load disqus comments

0 komentar