Pengertian dan Sejarah microsoft visio

Pengertian dan Sejarah microsoft visio
Hallo sahabat kali ini saya akan membahas sedikit tentang salah satu aplikasi dari Microsoft Office yaitu Microsoft Visio. bagi seorang anak teknik industri aplikasi ini sangat berguna dalam pembuatan peta aliran proses maupun peta proses operasi.

1.             Pengertian Microsoft Visio
Microsoft Visio (atau sering disebut Visio) adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir, brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation Visio aslinya bukanlah buatan Microsoft Corporation, melainkan buatan Visio Corporation, yang diakusisisi oleh Microsoft pada tahun 2000. Versi yang telah menggunakan nama Microsoft Visio adalah Visio 2002, Visio 2003, dan Visio 2007 yang merupakan versi terbaru. Visio 2007 Standard dan Professional menawarkan antarmuka pengguna yang sama, tapi seri Professional menawarkan lebih banyak pilihan template untuk pembuatan diagram yang lebih lanjut dan juga penataan letak (layout). Selain itu, edisi Professional juga memudahkan pengguna untuk mengoneksikan diagram-diagram buatan mereka terhadap beberapa sumber data dan juga menampilkan informasi secara visual dengan menggunakan grafik.
2.             Sejarah Microsoft Visio
Visio Corporation didirikan pada bulan September 1990, dengan nama Axon Corporation. Semua pendiri perusahaan tersebut merupakan jebolan dari Aldus Corporation, yakni Jeremy Jaech, Dave Walter (yang merupakan pendiri perusahaan Aldus) dan Ted Johnson (yang merupakan pemimpin proyek Aldus PageMaker for Windows). Pada tahun 1992, sebelum merilis sebagai sebuah produk perangkat lunak, nama perusahaan tersebut diubah menjadi Shapeware. Dan, pada bulan November pada tahun yang sama, perusahaan ini pun merilis aplikasinya yang pertama, Visio. Ketika Shapeware merilis Visio 4.0 pada 18 Agustus 1995, ternyata aplikasi tersebut merupakan aplikasi pertama yang dikembangkan secara khusus untuk Windows 95.
Pada bulan November 1995, nama perusahaan Shapeware berubah kembali menjadi Visio, dan sahamnya pun diperdagangkan secara go public, dengan nama VISIO. Visio aslinya bukanlah buatan Microsoft Corporation, melainkan buatan Visio Corporation, yang diakusisisi oleh Microsoft pada tahun 2000. Versi yang telah menggunakan nama Microsoft Visio adalah Visio 2002, Visio 2003, dan Visio 2007 yang merupakan versi terbaru. 


3.             Versi-versi Microsoft Visio
Beberapa Versi Microsoft Visio:
·               Visio 5.0;
·                Visio 2000;
·                Visio Enterprise Network Tools, Visio Network Center;
·                Microsoft Visio 2002 (dikenal juga dengan sebutan Visio XP);
·                Visio for Enterprise Architects 2003 (VEA 2003, didasarkan pada Visio 2002);
·                Microsoft Office Visio 2003;
·                Office Visio for Enterprise Architects 2005 (VEA 2005, didasarkan pada Visio 2003);
·                Microsoft Office Visio 2007 (tidak fitur user interface Ribbon, menggunakan sistem menu);
·                Microsoft Office Visio 2010 (menggunakan sistem ribbon);
·                Microsoft Office Visio 2013.

Itu adalah beberapa pengertian dan sejarah singkat dari Microsoft Visio. Mohon maaf bila banyak kesalahan baik dari cara penulisan ataupun materi yang disampaikan. Terima Kasih

Load disqus comments

0 komentar