Cara Menghitung Tegangan DC dengan Voltmeter

Cara Menghitung Tegangan DC dengan Voltmeter

Cara Menghitung Tegangan DC dengan Voltmeter
Dalam mengukur tegangan searah atau DC menggunakan multimeter analog memanglah tidak mudah, kecuali kalo kita sudah mengetahui cara cara dan rumus untuk mengukur tegangan tersebut. maka dari itu sahabatIE.id disini akan memberikan cara - cara yang mudah untuk mengukur tegangan DC . Untuk mengukur suatu tegangan baik AC ataupun DC pada suatu rangkaian elektronika maka rangkaian tersebut haruslah disuply terlebih dahulu oleh tegangan listrik. Setelah itu kita dapat mengukur tegangan masuk dan keluar pada rangkaian tersebut.
Cara Mengukur 
1. Putar saklar selektor  pada posisi DCVolt.
2. Jika kita belum bisa memperkirakan tinggi tegangan sebaiknya putar saklar pada posisi pengali yang tertinggi dahulu agar nantinya tidak menyebabkan multimeternnya rusak.
3. Tempelkan jarum yang merah (+) pada rangkain positif, sedangkan jarum yang hitam (-) ditempelkan pada rangkaian ground.
4. Perhatikan jarum jamnya apakah bergerak atau tidak, perhatikan juga arah gerakan sijarumnya apakah ke kanan atau kekiri. untuk yang jarum jam nya mengarah ke arah kiri sebaiknya rubah posisi jarum positif dan negatifnya.
5. untuk membaca angka yang ditunjukan pada multimeter sebaiknya kita pilih terlebih dahulu mau menggunakan skala yang mana. karena pada penghitungan DCV ada 3 skala yang digunakan yaitu: skala 0-10, skala 0-50, dan skala 0-250. untuk penghitungannya kita dapat menggunakan rumus yang ada dibawah ini.
untuk rumus mudahnya yaitu nilai yang ditunjuk jarum dibagi oleh nilai akhir skala yang kita gunakan lalau dikalikan dengan pengali yang kita gunakan, misalnya :

Misalkan jarum menunjuk angka 200, maka :

Intinya untuk mempermudah kita dalam menghitung kita harus tau terlebih dahulu skala yang kita gunakan dan juga rumus yang kita gunakan.


Load disqus comments

0 komentar