Pengertian Pengukuran

Pengertian Pengukuran dan Besaran
Pengukuran adalah penentuan besarandimensi, atau kapasitas, biasanya terhadap suatu standar atau satuan ukur. Pengukuran juga dapat diartikan sebagai pemberian angka terhadap suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh seseorang atau objek tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas dan disepakati. Pengukuran dapat dilakukan pada apapun yang dibayangkan, namun dengan tingkat kompleksitas yang berbeda. Misalnya untuk mengukur tinggi, maka seseorang dapat mengukur dengan mudah karena objek yang diukur merupakan objek kasat mata dengan satuan yang sudah disepakati secara internasional. Pengukuran terbagi menjadi dua, antara lain:

1.  Pengukuran Tunggal

Pengukuran tunggal adalah pengukuran yang dilakukan hanya satu kali untuk mendapatkan hasil dari pengukuran tersebut. Untuk pengukuran ini adalah tipe pengukuran yang tidak pasti karena hanya melakukan pengukuran satu kali saja. contoh dari pengukuran ini adalah pengukuran berat benda atau panjang dari suatu benda.

2.  Pengukuran Berulang

pengukuran berulang dilakukan lebih dari satu kali (n kali), dimaksud agar diperoleh data perolehan yang mendekati sempurna ketelitiannya. Pengukuran berulang dilakukan untuk besaran yang sulit diukur jika hanya satu kali, misalnya kecepatan suatu benda dan sebagainya.
Load disqus comments

0 komentar